" Visi tanpa tindakan hanyalah sebuah mimpi. Tindakan tanpa visi hanyalah membuang waktu. Visi dengan tindakan akan mengubah dunia! "

KENALAN MA JAVA

Kenalan Ma Java

“Tak kenal maka tak sayang” itulah sebuah ungkapan bagi siapa saja yang belum mengenal sesuatu termasuk Pemrograman Java. Uptss, tapi java disini bukan pulau (english : java “jawa”) tapi disini adalah sebuah pemograman, oleh karena itu saya akan mencoba memperkenalkan pada teman-teman yang ingin dan mau mempelajari Bahasa Pemrograman Java, mudah-mudahan apa yang nanti saya jelaskan dapat bermanfaat dan bisa dijadikan suatu kegiatan yang positif.”

Sejarah Java

Java bermula dari proyek penelitian perusahaan Sun Microsystems dengan nama sandi Green pada tahun 1991. Terdapat prediksi bahwa mikroprosesor akan digunakan luas pada peralatan-peralatan elektronik. Karena adanya bermacam tipe mikroprosesor, maka dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di semua mikroprosesor.

Terciptalah sebuah bahasa pemrograman baru. Oleh James Gosling, yaitu salah satu orang yang berperan besar dalam proyek tersebut, program ini diberi nama Oak. Sesuai dengan pohon Oak yang tumbuh dan bisa dilihat melalui jendela kerjanya di Sun Microsystems.

Selang beberapa waktu kemudian, ditemukan bahwa sudah ada bahasa pemrograman Oak. Akhirnya setelah beberapa pegawai Sun mengunjungi sebuah kedai kopi, nama bahasa pemrograman ini diganti dengan Java. Java merupakan salah satu jenis biji kopi yang ada di kedai tersebut, yaitu biji kopi Jawa.

Sun Microsystem mengumumkan kehadiran bahasa Java secara formal di tahun 1995. Bahasa ini mulai disambut hangat masyarakat luas seiring dengan meledaknya era internet.

Perkembangan Teknologi

Saat ini Sun Microsystems membagi Java menjadi empat jenis edisi :

v Java Card : Teknologi Java yang digunakan pada peralatan elektronik yang memiliki memori sangat terbatas, misalnya smart card.

v J2ME : Java 2 Platform, Micro Edition. Merupakan teknologi Java edisi mikro, digunakan untuk penerapan teknologi Java pada peralatan elektronik seperti handphone dan PDA.

v J2SE : Java 2 Platform, Standard Edition. Merupakan teknologi Java pada komputer desktop.

v J2EE : Java 2 Platform, Enterprise Edition. Merupakan teknologi Java edisi enterprise, digunakan untuk penerapan teknologi Java pada komputer server.

Setiap edisi Java terdiri atas dua komponen utama berikut :

  • Ø Java Application Programming Interface (Java API). Java API terdiri atas kumpulan library yang digunakan untuk keperluan pemrograman. Dengan adanya API, anda tidak harus membuat program dari awal. Misalnya untuk J2SE, sudah terdapat API untuk pengolahan window dengn Swing dan AWT (Abstract Window Toolkit).
  • Ø Java Run Time Environment (JRE). JRE merupakan lingkungan yang membuat aplikasi Java dapat dijalankan. Salah satu komponen penting JRE adalah Java Virtual Machine (JVM).

JVM merupakan mesin virtual berupa aplikasi yang digunakan untuk menjalankan kode Java (bytecode). JVM inilah yang membuat Java menjadi platform independen. JVM bisa berbeda, tergantung pada platform yang akan digunakan. Misalnya ada JVM pada PC Windows dan Linux, serta untuk Apple. Setiap komputer dan peralatan elektronik dapat menjalankan program Java, asalkan terdapat JVM untuk komputer atau peralatan elektronik tersebut. JVM sendiri tidak ditulis dalam bahasa Java namun dengan bahasa lain, yaitu C+ +.

Versi Java Tahun Jumlah Class
1. 0 1996 211
1. 1 1997 477
1. 2 1998 1524
1. 3 2000 1840
1. 4 2004 2723
5 2004 3279
6 2005 >= 3777

Di tahun 2006, Sun Microsystem mulai menerapkan license open source, yaitu GNU General Public License (GNU GPL) sehingga semua pihak semakin leluasa menggunakan teknologi Java.

Sejak J2SE 1. 4, perubahan Java diatur oleh Java Community Process (JCP). JCP memungkinkan semua pihak yang menggunakan teknologi Java untuk ikut memberi masukan bagaimana bahasa Java akan dikembangkan. JCP menggunakan Java Specification Request (JSR) untuk pengusulan datau proposal pengubahan atau penambahan pada Java. Sedangkan bahasa Java sendiri menggunakan Java Language Specification (JLS) yang diataur oleh JSR 901. Java tidak hanya sekadar bahasa pemrograman, namun sudah menjadi sebuah teknologi.

Situs Java Community Process (JCP) di http://www.jco.org

Tinggalkan komentar